Rabu, 14 November 2012

KELUHAN PELANGGAN PDAM




KELUHAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN DI PDAM SIDOARJO

Pengadaan air bersih merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang berguna bagi kehidupan manusia, di mana air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat vital bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan yang lain. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada layanan publik, PDAM harus dikelola dengan baik berdasarkan asas-asas ekonomi perusahaan sehingga harus dapat memelihara kelangsungan hidup perusahaan dan harus mampu melayani kebutuhan masyarakat pelanggan air minum secara lancar dalam jumlah cukup. Kelancaran distribusi air yang dilakukan oleh PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo baik di daerah perkotaan maupun di kelurahan sering dikeluhkan oleh pelanggan sehingga kurangnya kepuasaan pelanggan yang menggunakan jasa PDAM.
Terdapat keluhan yang disampaikan oleh pelanggan terhadap kinerja yang diberikan oleh PDAM “Delta Tirta” Cabang Waru II Sidoarjo, diantaranya adalah (1) Berkaitan dengan air yang didistribusikan kepada pelanggan. Misalnya, mengenai Debit Air. Keluhan akan hal ini seringkali berkaitan dengan air yang macet atau aliran air yang didistribusikan kepada pelanggan mempunyai debit yang kecil, kebocoran air, baik yang terjadi pada pipa yang akan masuk kerumah pelanggan, ataupun pada pipa distribusi yang berada di jalan-jalan besar. Yang kesemuanya berdampak sangat merugikan pelanggan, Kualitas air yang tidak sesuai dengan standart yang telah ditentukan. Kekeruhan air adalah keluhan yang paling sering dilontarkan oleh pelanggan, Ketidaksesuaian angka meter air dengan jumlah pembayaran yang dibebankan kepada pelanggan. Atau terjadinya salah perhitungan dengan jumlah yang seharusnya dibayarkan oleh pelanggan, Adanya kerusakan pada pipa jaringan distribusi, misalnya pipa rusak, pipa berlumut. (2) Berkaitan dengan pelayanan non air yang diberikan oleh PDAM “Delta Tirta” Cabang Waru II Sidoarjo. Misalnya, Penanganan keluhan pelanggan terkesan lambat, Pemasangan jaringan baru atau Sambungan Rumah (SR) mengalami prosedur yang berbelitbelit dan relatif lama.
Seperti halnya keluhan yang paling banyak diterima oleh pihak PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo adalah tentang kondisi di lapangan yang dirasakan langsung oleh pelanggan (masyarakat) misalnya tentang seringnya air yang macet atau mengalir kecil di waktu – waktu tertentu, pendistribusian air kepada para pelanggan yang tidak merata, dan ketidak akuratan pencatatan meter air.
Dilihat dari segi kuantitas yaitu bertambahnya jumlah pelanggan dari tahun ke tahun dan keuntungan yang diperoleh PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo selama beberapa tahun ini menunjukkan kinerja PDAM sudah dianggap cukup baik. Tetapi bila dilihat dari segi kualitas (mutu pelayanan) kepada masyarakat khususnya masih terlihat kurang memuaskan.
berdasarkan akar penyebabnya, pengaduan atau keluhan berhubungan penyebab utama yaitu, Pihak PAM gagal memenuhi harapan pelanggan. Secara kuantitas masyarakat merasa bahwa ekspektasi mereka terhadap keberadaan  PDAM bisa terpenuhi berapapun kebutuhan akan air minum dibutuhkan dan ketika harapan ini tidak terpenuhi mereka merasa pihak telah PDAM gagal.
Pelanggan merasa masukan dan keluhan yang telah disampaikan oleh pelanggan tidak  mendapat jawaban yang cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa pihak PDAM tidak responsiv. Pelanggan merasa ada ketidak sesuaian antara tagihan rekening pelanggan dengan pemakaian air setiap bulannya. Untuk yang terakhir ini biasanya paling mendominasi secara prosentase jumlah keluhan pelanggan.
Dalam hal ini petugas atau pihak PDAM harus hati-hati dan jeli memilah pelanggan yang benar-benar melakukan keluhan karena kurang mendapat layanan yang baik atau pelanggan yang sekedar pura-pura melakukan keluhan padahal sebenarnya untuk menutupi perbuatannya telah melakukan suatu tindakan yang merugikan pihak PDAM, seperti tampering pada meter atau pencurian air.
Disebutkan diatas bahwa keluhan pelanggan juga dapat mendatangkan manfaat dengan adanya informasi dari pelanggan baik positif maupun negative, adapun manfaat lain secara umum adalah : Pihak PDAM akan semakin tahu kelemahan, kekurangan dan kelebihan dalam melayani pelanggannya. Dengan mengetahui kelemahan dan kekurangan pihak PDAM telah melakukan tindakan introspeksi diri untuk lebih memperhatikan dan responsive terhadap keinginan pelanggan. Dengan mengetahui keinginan pelanggan pihak PDAM jadi lebih mudah mencari jalan keluar meningkatkan mutu layanannya. Layaknya orang yang mengeluh, pelanggan akan merasa dihargai dan dihormati jika keluhannya bisa ditangani dengan baik dan cepat.Meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan produk PDAM dibanding 
menggunakan air tanah atau produk lain. Penanganan keluhan dengan baik dan benar akan meningkatkan kepuasan pelanggan  sehingga pelanggan akan memenuhi kewajibannya dengan segera.

Bagamana pelanggan bisa menyampaikan keluhannya, hal ini sangat penting bagi pelanggan maupun pihak PDAM. Berbagai cara harus disediakan oleh pihak PDAM sebagai alternative atau pilihan mana yang lebih disukai pelanggan dengan tujuan memudahkan mereka dalam menyampaikan keluhan. Informasi tentang cara menyampaikan keluhan harus disampaikan kepada pelanggan. Adapun berbagai tersebut antara lain melalui telephon (beberapa PDAM menyediakan call center), faximile, surat  (PO BOX), layanan e-mail (PDAM yang sudah mempunyai website akan mengarahkan pelanggan untuk log in), tatap muka langsung dengan petugas. Sebagian besar pelanggan lebih suka menggunakan alternative terakhir dalam menyampaikan keluhannya terutama keluhan yang terkait dengan rekening tagihan. Hal ini disebabkan secara psychologis pelanggan akan lebih yakin dan berharap dapat penjelasan secara terperinci dan berharap diselesaikan dengan waktu secepat mungkin. Ada juga yang menggunakan pihak ke-3 yaitu melakukan keluhan lewat media baik cetak maupun elektronik walaupun agak kurang fair karena apa yang dikeluhkan pelanggan belum tentu benar tetapi masyarakat sudah mendengar atau membaca hal tersebut sementara pihak layanan publik baru kemudian mendapat hak jawab tidak pada waktu yang bersamaan sehingga opini masyarakat sudah lebih dahulu terbentuk, tetapi cara ini kadang efektif bagi pelanggan sehingga mendapat pelayanan yang cepat dan efektif.
Perusahaan layanan publik termasuk PDAM harus mewujudkan bentuk-bentuk layanan dalam menangani keluhan pelanggan. Wujud atau bentuk layanan itu harus berorientasi pada:
1.      Kualitas
Pelanggan sangat berkepentingan dengan pelayanan yang bermutu. Pelayanan harus 
berorientasi pada mutu, sehingga perlu didengar dan dilihat pandangan pelanggan serta pengalaman mereka atas mutu pelayanan yang diterimanya.
2.      Akses
      Pelayanan harus mudah diakses oleh pelanggan, seperti :
      Letak kantor layanan harus sedekat mungkin bisa dijangkau oleh pelanggan.
-          Sifat fisik kantor harus cukup representative agar dapat diberikan pelayanan yang 
-          memuaskan bagi pelanggan.
-          Jam kerja kantor pelayanan harus luas sesuai dengan peluang dan kesempatan 
-          pelanggan.
-          Petugas layanan dan sistem pelayanan harus menjamin terpenuhinya kebutuhan 
-          kejiwaan dan social pelanggan.
-          Pelanggan harus mudah memperoleh dan memahami informasi pelayanan dan 
-          organisasi pelayanan.
3.      Pilihan
Pelayanan harus berorientasi pada pilihan dan keinginan pelanggan. Aparat perlu  mencermati dan memahami dengan baik dan benar apa yang menjadi pilihan dan keinginan pelanggan dan berusaha memenuhinya.
4.      Partisipasi kontrol aktif pelanggan.
Pelanggan memiliki hak untuk mengawasi dan mengendalikan pelayanan yang mereka terima. Bila ternyata pelayanan tidak sesuai dengan pilihan dan keinginan mereka maka aparat pelayanan harus merubah dan memperbaiki sesuai dengan harapan para pelanggan.

49 komentar:

  1. Mohon infonya PDAM TIRTA SIDOARJO. pdam saya nggak nyala mulai 3 hari yg lalu sampai sekarang.. PERUM SURYA RESIDENCE - DAMARSI mohon pihak pdam segera menindak lanjuti, kami tunggu responnya hari ini ..terima kasih cc:Galuh Ajeng Phamuti Dhandy Dwi Pradarma Pdam Delta Tirta Sidoarjo

    BalasHapus
  2. 2minggu ini air PDAM macet dan makin hari makin memburuk. hari ini mati. ini sangat mengganggu aktivitas warga kami.. perum surya resident 3d/26 Duku tengah buduran sidoarjo.
    mohon penanganannya..
    terimakasih

    BalasHapus
  3. Q mnta PDAMnya sidoarjo jgn mati2 trus kami disini mbayar jd q harap pengertiannya.karyawan2 distu digaji dr hasil uang kita2 termasuk atasan2 jd jgn mkn gaji buta.ya

    BalasHapus
  4. sekali lagi buat PDAMnya disidoarjo jgn sring mati disini kita mbayar dan para karyawan karyawan/atasan klian jga digaji dr hasil uang kita2,q hrap mnta pengertiannya ja

    BalasHapus
  5. Mohon informasinya Bapak/Ibu Pimpinan PDAM, tanpa mengurangi rasa hormat, sya memohon klarifikasinya atas ketidaknyamanan kami dalam mendapatkan kekurangan supply air di daerah kita masing", terutama daerah Perum Kartika Chandra dan Kambuna I Tambak Bulak Waru Sidoarjo. Mohon klarifikasi terkait msalah air yg selama berhari" atau bahkan sampai berminggu" tidak kunjung di eksekusi. Kami warga yang selalu membutuhkan kucuran air tersebut untuk segala kegiatan/rutinitas, dan kami selalu menaati aturan yg diberlakukan oleh PDAM itu sendiri, termasuk membayar dengan tepat waktu, mohon di koreksi kebijakan anda selama ini..mohon secepatnya dieksekusi..

    Kerjaan kalian selama ini tidak tidur saja kan..? dan kalian bukan pemakan gaji buta kan..? sya yakin anda pelayan masyarakat yang baik..maka dari itu mohon sekali jangan tidur ya Pak/Bu..mohon diklarifikasi secepatnya..langsung eksekusi Pak/Bu

    Sya Silfi Retno Fitri warga Perum Kambuna I Tambak Bulak RT/RW 003/003 Tambak Bulak Waru Sidoarjo
    No. Hp 082244453201

    Terima kasih 😊 Salam Hormat Warga Perum Kambuna I dan Kartika Chandra 😇😇

    BalasHapus
  6. Mohon dicek air pam diwilayah griya permata gedangan sering mati, kecil gpp tp 24 jam nyala dong jd mati trs gini qta tiap bulan bayar abonemen tp tdk bisa menikmati air

    BalasHapus
  7. Mohon dicek air pam diwilayah griya permata gedangan sering mati, kecil gpp tp 24 jam nyala dong jd mati trs gini qta tiap bulan bayar abonemen tp tdk bisa menikmati air

    BalasHapus
  8. Mohon perhatiannya, pihak PDAM sidoarjo kenapa penangannya sangat lambatttt, saya sudah lapor semingguan air saya mati tpi yak kunjung datang dr pihak PDAM ke rumah, sedang air d rumah saya gk ada tiap hari sy harus beli yg jaraknya sngat jauh buat sehari2 dr masak sampe mandi,
    Tolong segera d perbaiki,
    Saya sangat kecewa karna sangat lambat sekali seolah2 tak ada respon.

    BalasHapus
  9. Mohon perhatiannya, pihak PDAM sidoarjo kenapa penangannya sangat lambatttt, saya sudah lapor semingguan air saya mati tpi yak kunjung datang dr pihak PDAM ke rumah, sedang air d rumah saya gk ada tiap hari sy harus beli yg jaraknya sngat jauh buat sehari2 dr masak sampe mandi,
    Tolong segera d perbaiki,
    Saya sangat kecewa karna sangat lambat sekali seolah2 tak ada respon.

    BalasHapus
  10. Sudah 3 bulan ini tagihan pdam saya selalu naik dan naik terus. Padahal saya jarang di rumah dan kran yang dari saluran pam selalu saya matikan. Tolong tagihannya yang bener donk.

    BalasHapus
  11. Pagi.. PDAM di jalan P. Hidayat Sidoarjo sdh bbrp hari tdk nyala ya... tandon hari ini sdh kosong kira2 kapan ya bisa mengalir lagi

    BalasHapus
  12. Pagi.. PDAM di jalan P. Hidayat Sidoarjo sdh bbrp hari tdk nyala ya... tandon hari ini sdh kosong kira2 kapan ya bisa mengalir lagi

    BalasHapus
  13. Selamat pagi..
    Yth. Bapak Direksi PDAM Sidoarjo
    Saya mau menginformasikan bahwa akhir-akhir ini air PDAM kualitas air semakin jelek, karena dalam satu hari sudah ada endapan seperti llumpur (sedimen)
    Mohon maaf sebelumnya, terimakasih

    BalasHapus
  14. Selamat pagi..
    Yth. Bapak Direksi PDAM Sidoarjo
    Saya mau menginformasikan bahwa akhir-akhir ini air PDAM kualitas air semakin jelek, karena dalam satu hari sudah ada endapan seperti llumpur (sedimen)
    Mohon maaf sebelumnya, terimakasih

    BalasHapus
  15. Mohon informasi untuk PDAM di area pondok wage 2 hari ini aliran kecil. Mohon perbaikannya

    BalasHapus
  16. PDAM DELTA TIRTA KENAPA TAGIHAN SAYA SAMPAI DENGAN 500RB.
    PERUM. SURYA RESIDENCE 4/30

    BalasHapus
  17. Air pdam di pepelegi waru sidoarjo juga mati hidup mati hidup , ini gimana ya pdam gak tanggung jawab kalau memang ada masalah kasih penjelasan dong , kerja kok kaya gitu kwalitasnya ......

    BalasHapus
  18. Mohon info no hp pengaduan daerah juanda sedati.
    .karna air PDAM rmh saya mati dari semalam...terima kasih

    BalasHapus
  19. Mohon info no hp pengaduan daerah juanda sedati.
    .karna air PDAM rmh saya mati dari semalam...terima kasih

    BalasHapus
  20. saat kita butuh air pdam airnya gk keluar bisa sehari sampai 2hari tandon kosong apalagi ini saya buat kos"an sudah bayarnya mahal gk ada air lagi ,,,coba kayak sby itungan meteran gk nyala yg meteran gk nyala .kl sda tidak itungan bayar pakai 1meter itungan 20 kubik pakai dikit banyak itungan sama,,,,tlg kl bisa diperbaiki debit airnya jgn sering mati kita pelanggan yg dirugikan daerah wadung asri 3

    BalasHapus
  21. Pagi
    Mohon info... Mengapa perumahan delta mandala semambung gedangan sering mati berhari-hari
    Mohon perhatiannya....mulai kemarin malam mati kembali.Dan hal ini biasanya walaupun kami sering ajukan pengaduan akan tetapi tindak lanjut selalu lama.

    Mohon perhatian dan respon atas pengaduan kami.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. Mohon informasi sejak tgl 21 Oktober 2018 air smpi sekarang dirmh kami tdk keluar sma sekali,mohon diperhatikan de pihak PDAM, giluran kami tdk membayar PDAM seenaknya sdri main putus saja, tolonglah sdkit profesional utk pelayanan thd pelanggan.

    BalasHapus
  23. Pdam saya mati, tetangga lancar semua
    Tolong ya

    BalasHapus
  24. Selamat siang..
    Pak air pdam daerah perum kemiri indah terkadang kotor warna coklat pekat.
    Kalau jernih terkadang bau amis seperti air kolam.
    Kami membayar mahal bukan dapat air seperti itu.
    Mohon segera di perbaiki sistem pengairannya.
    Makasih.

    BalasHapus
  25. Selamat malam
    Air PDAM daerah Griya Bhayangkara Masangan Kulon Sukodono tidak keluar sama sekali. Mohon infonya
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. PDAM yg dibogor wilayah genteng gunung gadung knapa mati udh 2 hari ini,tidak ada tidak lanjut,kamu bayar,kalian di gajih.

    BalasHapus
  27. Selamat malam, sy pelanggan pdam Rumdis tni AL pulungan sedati sidoarjo.
    2 bulan belakangan ini sy sdah tdk lagi menggunakan air pdam krn airnya keruh dan berwarna kuning, sy ganti menggunakan pompa air sumur dan meteran pdam sy tutup.
    Yang menjadi pertanyaan kenapa tagihan pdam di rumah sy malah jadi bnyak?
    Diatas 300 rb.
    Tolong komplain sy ditanggapi.
    Trimakasih

    BalasHapus
  28. Saya pelanggan PDAM wilayah taman . Dalam waktu setahun dalam 1 BLN selalu tagihan saya itu di luar dugaan . Yg biasanya 150-300k . Tiba-tiba jadi 700k bahkan pernah smpe' 1.500k ... Saya sudah pernah ke kantor PDAM untuk pengaduan . Tapi kata nya memang tagihan nya itu segitu . Kloo tidak di bayar ya otomatis di putus . Solusi nya batarnta dicicil ... Yg saya gag habis pikir . Penggunaan itu biasa aja . Tapi selalu begitu ... Ini saya ad tagihan yg fantastis udah ad 3x dalam 3thn dan BLN February 19 saya kena tagihan 700k lebih ... Dan ini masih menjadi misteri . Terima kasih

    BalasHapus
  29. Sudah 2 minggu air di wisma tropodo jl. Kemuning mati total, tolong di tindak lanjuti

    BalasHapus
  30. Untuk wilayah desatapak rt 02/01 kec pan3kan kab magetan udah 3 hulan gak nyala udah berkali kalilapor ke kantor pdam namun tak pernah ada respon mohon tindak lanjut ke petugas setetempat no tlpn saya 085785550585

    BalasHapus
  31. air di thb rt 4 kok banyak cacing merah kecil-kecil trus airnya tiap hari kuning ... tolong du atasin dong kan klu buat apa2 gk sehat apalagi buat mandi dan masak .... tolong donggg

    BalasHapus
  32. Selamat malam,
    Mengapa sudah hampir semgg air di perumahan rewwin koq begini ya, ditunggu smpe tengah malam koq ya ttp gak bergerak, mohon bntuannya bpk ibu PDAM wilayah waru
    Terimakasih

    BalasHapus
  33. Kenapa hari ini pdam wilayah perum bumi cabean asri tdk netes sama sekali

    BalasHapus
  34. Perum griya candra mas blok IN air PDAM tidak ngalir sama sekali.......mohon bantuan pihak PDAM.....wilayah Candramas Sedati...

    BalasHapus
  35. Mau tanya bagaimana realisasi untuk pemasangan sambungan baru air pdam di lokasi wedoro pp waru yg sudah 5 bulan lalu & hingga saat ini (bulan Desember 2019) belum ada tindak lanjutnya dari pdam ?

    Padahal pemasangan sambungan baru sudah diajukan sejak bulan Agustus 2019 & semua biaya yg ditetapkan 12 juta lebih sudah dibayar lunas.

    Konfirmasi ke kantor pusat jl. pahlawan sidoarjo & kantor cabang di perumahan makarya binangun waru sudah berkali2 dilakukan, tetapi belum ada realisasi kapan akan dilaksanakan pemasangan sambungan baru di lokasi wedoro pp waru.

    Oleh sebab itu, perlu adanya kepastian dari pdam, karena sudah lama menunggu & tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir, yg berganti ke tahun 2020.

    Mohon tanggapannya. Terima kasih.

    BalasHapus

  36. air pdam tidak keluar / mati di perm merpati jl merbau blok bb no 24 sedati pabean sudah hampir 1minggu sejak tgl 19 desember sampai sekarang air. mohon segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.terimakasih

    BalasHapus
  37. Tolong di perbaiki lagi jangan keseringan mati terus air nya..apalagi kalau mati mesti lama lagi nyala nya

    BalasHapus
  38. Air pdam tidak kluar /mati di perumahan Mentari Bumi Sejahtera blok BN no 26 kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx

    BalasHapus
  39. Selamat pagi,udh hampir 1 minggu air pdam ko kotor sekali ya ....trs 2 hari ini airnya hitam kyak air got..sehingga gk bisa dipakai apa" gmn dan apa alsannya ko smp seperti ini....tolong segera ditindak lanjuti

    BalasHapus
  40. Mhn tanggapan yg serius pihak PDAM, sdh 1 bln lbh air PDAM menjelang Magrib air sll tdk keluar di rmih kami perum Taman Wage Regency Kav. 10 wage taman kab. Sda kode post 60257, trm.ksh

    BalasHapus
  41. Pdhl sjk bbrp bln yll adh.musim hjn...knp PDAM hampir setiap hari menjelang Adzan Magrib sll tdk keluar krn hanya PDAM yg kami bth kan utk wudhu' dan utk kebutuhan lain nya, mhn sgr pihak PDAM memperhatikan konsumen yg sdh tertib bayar setiap bln nya, trm ksh

    BalasHapus
  42. Tagihan pemakaian bulan kemarin 25 M3 dan bulan ini (agustus) 4 M3.Dirumah hanya 2 org.
    Apa yg mencatat meteran air keliru, atau di rubah2,?

    BalasHapus
  43. Mohon diperhatikan kita ini orang kecil jgn dipermainkan dengan tagihan yg gak jelas tanpa dicek . Nulis sakenaknya
    Tagihan pdam
    juli : 0 -40m2
    Agustus : 0 - 50m2
    September : 0 - 70 m2
    Agustus : 0-50m2
    Kita ini rumah tangga.kenapa setiap bulan kok malah dinaikkan . Yang bener aja , kalau kerja dicek yg bener dan ada bukti pengecekan supaya kita cust enak tdk dibodohi. Semakin lama dibiarkan malah dipermainkan

    BalasHapus
  44. Tolong dibalas keluhan2 pelanggan bpk2 ibu pejabat pdam tolong ditanggapi. Kalau memang pdam mebebankan meteran saya segitu banyak mana buktinya . Jgn cuma mau menerima uangnya tapi keluhan2 nya tdk ditanggapi .
    Keluhan saya tgl29 n ini .perum taman aloha f3 no 10 .

    BalasHapus
  45. Air pdam tidak kluar /mati dijam tertentu di perumahan Mentari Bumi Sejahtera blok BN no 26 kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx

    BalasHapus
  46. Air pdam tidak kluar /mati di jam tertentu almt: Bumi Sejahtera, kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx

    BalasHapus
  47. PDAM kok mati daerah Taman perum Citra harmoni,tlng segera d tindak lanjuti

    BalasHapus
  48. Selamat pagi bpk pdam ini saya mau lapor kenapa pdam saya setelah diganti meteran baru kran dirumah ttup semua gk dipkai tapi meteran berjalan terus bln kemaren tagihan saya membengkak mohon ditindak lanjuti dn dicek kan petugas kesini a/n sudar ispriyanto alamat griya kebonagung blok e2 nmr 3 nmr pelanggan 02010941 mksih mohon perhatiannya

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum wr wb mohon maaf BPK / ibu sy mau tanyak kenapa PDAM ditempat sy kok tak nyala Uda 2 mingguan lebi sy baru pasang n Uda bayar lagi 1 bulan kemarin itu pun pembayaran yg pertama nomor pelanggan 09026277, tolong y bpk sy pelanggan baru tapi Uda mengecewakan

    BalasHapus