KELUHAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN DI PDAM SIDOARJO
Pengadaan air bersih merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang berguna
bagi kehidupan manusia, di mana air merupakan kebutuhan dasar manusia yang
sangat vital bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan sehari-hari
maupun kebutuhan yang lain. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada layanan publik,
PDAM harus dikelola dengan baik berdasarkan asas-asas ekonomi perusahaan
sehingga harus dapat memelihara kelangsungan hidup perusahaan dan harus mampu
melayani kebutuhan masyarakat pelanggan air minum secara lancar dalam jumlah
cukup.
Kelancaran distribusi air yang dilakukan oleh PDAM “Delta
Tirta” Sidoarjo baik di daerah perkotaan maupun di kelurahan sering
dikeluhkan oleh pelanggan sehingga kurangnya kepuasaan pelanggan yang
menggunakan jasa PDAM.
Terdapat keluhan yang disampaikan oleh pelanggan
terhadap kinerja yang diberikan oleh PDAM “Delta Tirta” Cabang Waru II
Sidoarjo, diantaranya adalah (1) Berkaitan dengan air yang didistribusikan
kepada pelanggan. Misalnya, mengenai Debit Air. Keluhan akan hal ini
seringkali berkaitan dengan air yang macet atau aliran air yang didistribusikan
kepada pelanggan mempunyai debit yang kecil, kebocoran air, baik yang terjadi pada
pipa yang akan masuk kerumah pelanggan, ataupun pada pipa distribusi yang
berada di jalan-jalan besar. Yang kesemuanya berdampak sangat merugikan pelanggan,
Kualitas air yang tidak sesuai dengan standart yang telah ditentukan. Kekeruhan
air adalah keluhan yang paling sering dilontarkan oleh pelanggan, Ketidaksesuaian
angka meter air dengan jumlah pembayaran yang dibebankan kepada pelanggan. Atau
terjadinya salah perhitungan dengan jumlah yang seharusnya dibayarkan oleh
pelanggan, Adanya kerusakan pada pipa jaringan distribusi, misalnya pipa rusak,
pipa berlumut. (2) Berkaitan dengan pelayanan non air yang diberikan oleh PDAM
“Delta Tirta” Cabang Waru II Sidoarjo. Misalnya, Penanganan keluhan pelanggan
terkesan lambat, Pemasangan jaringan baru atau Sambungan Rumah (SR) mengalami
prosedur yang berbelitbelit dan relatif lama.
Seperti halnya
keluhan yang paling banyak diterima oleh pihak PDAM “Delta
Tirta” Sidoarjo adalah tentang kondisi di lapangan yang dirasakan
langsung oleh pelanggan (masyarakat) misalnya tentang seringnya air yang macet
atau mengalir kecil di waktu – waktu tertentu, pendistribusian air kepada para
pelanggan yang tidak merata, dan ketidak akuratan pencatatan meter air.
Dilihat dari segi
kuantitas yaitu bertambahnya jumlah pelanggan dari tahun ke tahun dan
keuntungan yang diperoleh PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo selama beberapa tahun ini menunjukkan kinerja PDAM sudah
dianggap cukup baik. Tetapi bila dilihat dari segi kualitas (mutu pelayanan)
kepada masyarakat khususnya masih terlihat kurang memuaskan.
berdasarkan akar penyebabnya, pengaduan atau keluhan
berhubungan penyebab utama yaitu, Pihak PAM gagal memenuhi harapan
pelanggan. Secara kuantitas masyarakat merasa bahwa ekspektasi mereka terhadap
keberadaan PDAM bisa terpenuhi berapapun kebutuhan akan air minum
dibutuhkan dan ketika harapan ini tidak terpenuhi mereka merasa pihak
telah PDAM gagal.
Pelanggan merasa masukan dan keluhan yang telah disampaikan oleh pelanggan
tidak mendapat jawaban yang cepat dan tepat sehingga pelanggan merasa
pihak PDAM tidak responsiv. Pelanggan merasa ada ketidak sesuaian antara
tagihan rekening pelanggan dengan pemakaian air setiap bulannya. Untuk
yang terakhir ini biasanya paling mendominasi secara prosentase jumlah
keluhan pelanggan.
Dalam hal ini petugas atau pihak PDAM harus hati-hati dan jeli memilah
pelanggan yang benar-benar melakukan keluhan karena kurang mendapat layanan
yang baik atau pelanggan yang sekedar pura-pura melakukan keluhan padahal
sebenarnya untuk menutupi perbuatannya telah melakukan suatu tindakan yang
merugikan pihak PDAM, seperti tampering pada meter atau pencurian air.
Disebutkan diatas bahwa keluhan pelanggan juga dapat mendatangkan manfaat
dengan adanya informasi dari pelanggan baik positif maupun negative, adapun
manfaat lain secara umum adalah : Pihak PDAM akan semakin tahu kelemahan,
kekurangan dan kelebihan dalam melayani pelanggannya. Dengan mengetahui
kelemahan dan kekurangan pihak PDAM telah melakukan tindakan introspeksi
diri untuk lebih memperhatikan dan responsive terhadap
keinginan pelanggan. Dengan mengetahui keinginan pelanggan pihak PDAM jadi
lebih mudah mencari jalan keluar meningkatkan mutu layanannya. Layaknya orang
yang mengeluh, pelanggan akan merasa dihargai dan dihormati
jika keluhannya bisa ditangani dengan baik dan cepat.Meningkatkan
kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan produk PDAM dibanding
menggunakan air tanah atau produk lain. Penanganan
keluhan dengan baik dan benar akan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga
pelanggan akan memenuhi kewajibannya dengan segera.
Bagamana pelanggan bisa menyampaikan
keluhannya, hal ini sangat penting bagi pelanggan maupun pihak PDAM. Berbagai
cara harus disediakan oleh pihak PDAM sebagai alternative atau pilihan mana
yang lebih disukai pelanggan dengan tujuan memudahkan mereka dalam menyampaikan
keluhan. Informasi tentang cara menyampaikan keluhan harus disampaikan kepada
pelanggan. Adapun berbagai tersebut antara lain melalui telephon (beberapa PDAM
menyediakan call center), faximile, surat (PO BOX), layanan e-mail (PDAM
yang sudah mempunyai website akan mengarahkan pelanggan untuk log in), tatap
muka langsung dengan petugas. Sebagian besar pelanggan lebih suka menggunakan
alternative terakhir dalam menyampaikan keluhannya terutama keluhan yang
terkait dengan rekening tagihan. Hal ini disebabkan secara psychologis
pelanggan akan lebih yakin dan berharap dapat penjelasan secara terperinci dan
berharap diselesaikan dengan waktu secepat mungkin. Ada juga yang menggunakan
pihak ke-3 yaitu melakukan keluhan lewat media baik cetak maupun elektronik
walaupun agak kurang fair karena apa yang dikeluhkan pelanggan belum tentu
benar tetapi masyarakat sudah mendengar atau membaca hal tersebut sementara
pihak layanan publik baru kemudian mendapat hak jawab tidak pada waktu yang
bersamaan sehingga opini masyarakat sudah lebih dahulu terbentuk, tetapi cara
ini kadang efektif bagi pelanggan sehingga mendapat pelayanan yang cepat dan
efektif.
Perusahaan layanan publik termasuk PDAM
harus mewujudkan bentuk-bentuk layanan dalam menangani keluhan pelanggan. Wujud
atau bentuk layanan itu harus berorientasi pada:
1.
Kualitas
Pelanggan sangat berkepentingan dengan pelayanan yang bermutu.
Pelayanan harus
berorientasi pada mutu, sehingga perlu didengar dan dilihat
pandangan pelanggan serta pengalaman mereka atas mutu pelayanan yang
diterimanya.
2.
Akses
Pelayanan harus mudah
diakses oleh pelanggan, seperti :
Letak kantor layanan
harus sedekat mungkin bisa dijangkau oleh pelanggan.
-
Sifat fisik kantor harus cukup representative agar
dapat diberikan pelayanan yang
-
memuaskan bagi pelanggan.
-
Jam kerja kantor pelayanan harus luas sesuai dengan
peluang dan kesempatan
-
pelanggan.
-
Petugas layanan dan sistem pelayanan harus menjamin
terpenuhinya kebutuhan
-
kejiwaan dan social pelanggan.
-
Pelanggan harus mudah memperoleh dan memahami
informasi pelayanan dan
-
organisasi pelayanan.
3.
Pilihan
Pelayanan harus berorientasi pada pilihan dan keinginan
pelanggan. Aparat perlu mencermati dan memahami dengan baik dan benar apa
yang menjadi pilihan dan keinginan pelanggan dan berusaha memenuhinya.
4.
Partisipasi kontrol aktif pelanggan.
Pelanggan memiliki hak untuk mengawasi dan
mengendalikan pelayanan yang mereka terima. Bila ternyata pelayanan tidak
sesuai dengan pilihan dan keinginan mereka maka aparat pelayanan harus
merubah dan memperbaiki sesuai dengan harapan para pelanggan.
Mohon infonya PDAM TIRTA SIDOARJO. pdam saya nggak nyala mulai 3 hari yg lalu sampai sekarang.. PERUM SURYA RESIDENCE - DAMARSI mohon pihak pdam segera menindak lanjuti, kami tunggu responnya hari ini ..terima kasih cc:Galuh Ajeng Phamuti Dhandy Dwi Pradarma Pdam Delta Tirta Sidoarjo
BalasHapus2minggu ini air PDAM macet dan makin hari makin memburuk. hari ini mati. ini sangat mengganggu aktivitas warga kami.. perum surya resident 3d/26 Duku tengah buduran sidoarjo.
BalasHapusmohon penanganannya..
terimakasih
Q mnta PDAMnya sidoarjo jgn mati2 trus kami disini mbayar jd q harap pengertiannya.karyawan2 distu digaji dr hasil uang kita2 termasuk atasan2 jd jgn mkn gaji buta.ya
BalasHapussekali lagi buat PDAMnya disidoarjo jgn sring mati disini kita mbayar dan para karyawan karyawan/atasan klian jga digaji dr hasil uang kita2,q hrap mnta pengertiannya ja
BalasHapusMohon informasinya Bapak/Ibu Pimpinan PDAM, tanpa mengurangi rasa hormat, sya memohon klarifikasinya atas ketidaknyamanan kami dalam mendapatkan kekurangan supply air di daerah kita masing", terutama daerah Perum Kartika Chandra dan Kambuna I Tambak Bulak Waru Sidoarjo. Mohon klarifikasi terkait msalah air yg selama berhari" atau bahkan sampai berminggu" tidak kunjung di eksekusi. Kami warga yang selalu membutuhkan kucuran air tersebut untuk segala kegiatan/rutinitas, dan kami selalu menaati aturan yg diberlakukan oleh PDAM itu sendiri, termasuk membayar dengan tepat waktu, mohon di koreksi kebijakan anda selama ini..mohon secepatnya dieksekusi..
BalasHapusKerjaan kalian selama ini tidak tidur saja kan..? dan kalian bukan pemakan gaji buta kan..? sya yakin anda pelayan masyarakat yang baik..maka dari itu mohon sekali jangan tidur ya Pak/Bu..mohon diklarifikasi secepatnya..langsung eksekusi Pak/Bu
Sya Silfi Retno Fitri warga Perum Kambuna I Tambak Bulak RT/RW 003/003 Tambak Bulak Waru Sidoarjo
No. Hp 082244453201
Terima kasih 😊 Salam Hormat Warga Perum Kambuna I dan Kartika Chandra 😇😇
Mohon dicek air pam diwilayah griya permata gedangan sering mati, kecil gpp tp 24 jam nyala dong jd mati trs gini qta tiap bulan bayar abonemen tp tdk bisa menikmati air
BalasHapusMohon dicek air pam diwilayah griya permata gedangan sering mati, kecil gpp tp 24 jam nyala dong jd mati trs gini qta tiap bulan bayar abonemen tp tdk bisa menikmati air
BalasHapusMohon perhatiannya, pihak PDAM sidoarjo kenapa penangannya sangat lambatttt, saya sudah lapor semingguan air saya mati tpi yak kunjung datang dr pihak PDAM ke rumah, sedang air d rumah saya gk ada tiap hari sy harus beli yg jaraknya sngat jauh buat sehari2 dr masak sampe mandi,
BalasHapusTolong segera d perbaiki,
Saya sangat kecewa karna sangat lambat sekali seolah2 tak ada respon.
Mohon perhatiannya, pihak PDAM sidoarjo kenapa penangannya sangat lambatttt, saya sudah lapor semingguan air saya mati tpi yak kunjung datang dr pihak PDAM ke rumah, sedang air d rumah saya gk ada tiap hari sy harus beli yg jaraknya sngat jauh buat sehari2 dr masak sampe mandi,
BalasHapusTolong segera d perbaiki,
Saya sangat kecewa karna sangat lambat sekali seolah2 tak ada respon.
Sudah 3 bulan ini tagihan pdam saya selalu naik dan naik terus. Padahal saya jarang di rumah dan kran yang dari saluran pam selalu saya matikan. Tolong tagihannya yang bener donk.
BalasHapusPagi.. PDAM di jalan P. Hidayat Sidoarjo sdh bbrp hari tdk nyala ya... tandon hari ini sdh kosong kira2 kapan ya bisa mengalir lagi
BalasHapusPagi.. PDAM di jalan P. Hidayat Sidoarjo sdh bbrp hari tdk nyala ya... tandon hari ini sdh kosong kira2 kapan ya bisa mengalir lagi
BalasHapusSelamat pagi..
BalasHapusYth. Bapak Direksi PDAM Sidoarjo
Saya mau menginformasikan bahwa akhir-akhir ini air PDAM kualitas air semakin jelek, karena dalam satu hari sudah ada endapan seperti llumpur (sedimen)
Mohon maaf sebelumnya, terimakasih
Selamat pagi..
BalasHapusYth. Bapak Direksi PDAM Sidoarjo
Saya mau menginformasikan bahwa akhir-akhir ini air PDAM kualitas air semakin jelek, karena dalam satu hari sudah ada endapan seperti llumpur (sedimen)
Mohon maaf sebelumnya, terimakasih
Mohon informasi untuk PDAM di area pondok wage 2 hari ini aliran kecil. Mohon perbaikannya
BalasHapusPDAM DELTA TIRTA KENAPA TAGIHAN SAYA SAMPAI DENGAN 500RB.
BalasHapusPERUM. SURYA RESIDENCE 4/30
Air pdam di pepelegi waru sidoarjo juga mati hidup mati hidup , ini gimana ya pdam gak tanggung jawab kalau memang ada masalah kasih penjelasan dong , kerja kok kaya gitu kwalitasnya ......
BalasHapusMohon info no hp pengaduan daerah juanda sedati.
BalasHapus.karna air PDAM rmh saya mati dari semalam...terima kasih
Mohon info no hp pengaduan daerah juanda sedati.
BalasHapus.karna air PDAM rmh saya mati dari semalam...terima kasih
saat kita butuh air pdam airnya gk keluar bisa sehari sampai 2hari tandon kosong apalagi ini saya buat kos"an sudah bayarnya mahal gk ada air lagi ,,,coba kayak sby itungan meteran gk nyala yg meteran gk nyala .kl sda tidak itungan bayar pakai 1meter itungan 20 kubik pakai dikit banyak itungan sama,,,,tlg kl bisa diperbaiki debit airnya jgn sering mati kita pelanggan yg dirugikan daerah wadung asri 3
BalasHapusPagi
BalasHapusMohon info... Mengapa perumahan delta mandala semambung gedangan sering mati berhari-hari
Mohon perhatiannya....mulai kemarin malam mati kembali.Dan hal ini biasanya walaupun kami sering ajukan pengaduan akan tetapi tindak lanjut selalu lama.
Mohon perhatian dan respon atas pengaduan kami.
Terima kasih.
Mohon informasi sejak tgl 21 Oktober 2018 air smpi sekarang dirmh kami tdk keluar sma sekali,mohon diperhatikan de pihak PDAM, giluran kami tdk membayar PDAM seenaknya sdri main putus saja, tolonglah sdkit profesional utk pelayanan thd pelanggan.
BalasHapusPdam saya mati, tetangga lancar semua
BalasHapusTolong ya
Selamat siang..
BalasHapusPak air pdam daerah perum kemiri indah terkadang kotor warna coklat pekat.
Kalau jernih terkadang bau amis seperti air kolam.
Kami membayar mahal bukan dapat air seperti itu.
Mohon segera di perbaiki sistem pengairannya.
Makasih.
Selamat malam
BalasHapusAir PDAM daerah Griya Bhayangkara Masangan Kulon Sukodono tidak keluar sama sekali. Mohon infonya
Terima kasih
PDAM yg dibogor wilayah genteng gunung gadung knapa mati udh 2 hari ini,tidak ada tidak lanjut,kamu bayar,kalian di gajih.
BalasHapusSelamat malam, sy pelanggan pdam Rumdis tni AL pulungan sedati sidoarjo.
BalasHapus2 bulan belakangan ini sy sdah tdk lagi menggunakan air pdam krn airnya keruh dan berwarna kuning, sy ganti menggunakan pompa air sumur dan meteran pdam sy tutup.
Yang menjadi pertanyaan kenapa tagihan pdam di rumah sy malah jadi bnyak?
Diatas 300 rb.
Tolong komplain sy ditanggapi.
Trimakasih
Saya pelanggan PDAM wilayah taman . Dalam waktu setahun dalam 1 BLN selalu tagihan saya itu di luar dugaan . Yg biasanya 150-300k . Tiba-tiba jadi 700k bahkan pernah smpe' 1.500k ... Saya sudah pernah ke kantor PDAM untuk pengaduan . Tapi kata nya memang tagihan nya itu segitu . Kloo tidak di bayar ya otomatis di putus . Solusi nya batarnta dicicil ... Yg saya gag habis pikir . Penggunaan itu biasa aja . Tapi selalu begitu ... Ini saya ad tagihan yg fantastis udah ad 3x dalam 3thn dan BLN February 19 saya kena tagihan 700k lebih ... Dan ini masih menjadi misteri . Terima kasih
BalasHapusSudah 2 minggu air di wisma tropodo jl. Kemuning mati total, tolong di tindak lanjuti
BalasHapusUntuk wilayah desatapak rt 02/01 kec pan3kan kab magetan udah 3 hulan gak nyala udah berkali kalilapor ke kantor pdam namun tak pernah ada respon mohon tindak lanjut ke petugas setetempat no tlpn saya 085785550585
BalasHapusair di thb rt 4 kok banyak cacing merah kecil-kecil trus airnya tiap hari kuning ... tolong du atasin dong kan klu buat apa2 gk sehat apalagi buat mandi dan masak .... tolong donggg
BalasHapusSelamat malam,
BalasHapusMengapa sudah hampir semgg air di perumahan rewwin koq begini ya, ditunggu smpe tengah malam koq ya ttp gak bergerak, mohon bntuannya bpk ibu PDAM wilayah waru
Terimakasih
Kenapa hari ini pdam wilayah perum bumi cabean asri tdk netes sama sekali
BalasHapusPerum griya candra mas blok IN air PDAM tidak ngalir sama sekali.......mohon bantuan pihak PDAM.....wilayah Candramas Sedati...
BalasHapusMau tanya bagaimana realisasi untuk pemasangan sambungan baru air pdam di lokasi wedoro pp waru yg sudah 5 bulan lalu & hingga saat ini (bulan Desember 2019) belum ada tindak lanjutnya dari pdam ?
BalasHapusPadahal pemasangan sambungan baru sudah diajukan sejak bulan Agustus 2019 & semua biaya yg ditetapkan 12 juta lebih sudah dibayar lunas.
Konfirmasi ke kantor pusat jl. pahlawan sidoarjo & kantor cabang di perumahan makarya binangun waru sudah berkali2 dilakukan, tetapi belum ada realisasi kapan akan dilaksanakan pemasangan sambungan baru di lokasi wedoro pp waru.
Oleh sebab itu, perlu adanya kepastian dari pdam, karena sudah lama menunggu & tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir, yg berganti ke tahun 2020.
Mohon tanggapannya. Terima kasih.
BalasHapusair pdam tidak keluar / mati di perm merpati jl merbau blok bb no 24 sedati pabean sudah hampir 1minggu sejak tgl 19 desember sampai sekarang air. mohon segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.terimakasih
Tolong di perbaiki lagi jangan keseringan mati terus air nya..apalagi kalau mati mesti lama lagi nyala nya
BalasHapusAir pdam tidak kluar /mati di perumahan Mentari Bumi Sejahtera blok BN no 26 kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx
BalasHapusSelamat pagi,udh hampir 1 minggu air pdam ko kotor sekali ya ....trs 2 hari ini airnya hitam kyak air got..sehingga gk bisa dipakai apa" gmn dan apa alsannya ko smp seperti ini....tolong segera ditindak lanjuti
BalasHapusMhn tanggapan yg serius pihak PDAM, sdh 1 bln lbh air PDAM menjelang Magrib air sll tdk keluar di rmih kami perum Taman Wage Regency Kav. 10 wage taman kab. Sda kode post 60257, trm.ksh
BalasHapusPdhl sjk bbrp bln yll adh.musim hjn...knp PDAM hampir setiap hari menjelang Adzan Magrib sll tdk keluar krn hanya PDAM yg kami bth kan utk wudhu' dan utk kebutuhan lain nya, mhn sgr pihak PDAM memperhatikan konsumen yg sdh tertib bayar setiap bln nya, trm ksh
BalasHapusTagihan pemakaian bulan kemarin 25 M3 dan bulan ini (agustus) 4 M3.Dirumah hanya 2 org.
BalasHapusApa yg mencatat meteran air keliru, atau di rubah2,?
Mohon diperhatikan kita ini orang kecil jgn dipermainkan dengan tagihan yg gak jelas tanpa dicek . Nulis sakenaknya
BalasHapusTagihan pdam
juli : 0 -40m2
Agustus : 0 - 50m2
September : 0 - 70 m2
Agustus : 0-50m2
Kita ini rumah tangga.kenapa setiap bulan kok malah dinaikkan . Yang bener aja , kalau kerja dicek yg bener dan ada bukti pengecekan supaya kita cust enak tdk dibodohi. Semakin lama dibiarkan malah dipermainkan
Tolong dibalas keluhan2 pelanggan bpk2 ibu pejabat pdam tolong ditanggapi. Kalau memang pdam mebebankan meteran saya segitu banyak mana buktinya . Jgn cuma mau menerima uangnya tapi keluhan2 nya tdk ditanggapi .
BalasHapusKeluhan saya tgl29 n ini .perum taman aloha f3 no 10 .
Air pdam tidak kluar /mati dijam tertentu di perumahan Mentari Bumi Sejahtera blok BN no 26 kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx
BalasHapusAir pdam tidak kluar /mati di jam tertentu almt: Bumi Sejahtera, kali pecabean, tolong segera ditindak lanjuti petugas PDAM setempat.thx
BalasHapusPDAM kok mati daerah Taman perum Citra harmoni,tlng segera d tindak lanjuti
BalasHapusSelamat pagi bpk pdam ini saya mau lapor kenapa pdam saya setelah diganti meteran baru kran dirumah ttup semua gk dipkai tapi meteran berjalan terus bln kemaren tagihan saya membengkak mohon ditindak lanjuti dn dicek kan petugas kesini a/n sudar ispriyanto alamat griya kebonagung blok e2 nmr 3 nmr pelanggan 02010941 mksih mohon perhatiannya
BalasHapusAssalamualaikum wr wb mohon maaf BPK / ibu sy mau tanyak kenapa PDAM ditempat sy kok tak nyala Uda 2 mingguan lebi sy baru pasang n Uda bayar lagi 1 bulan kemarin itu pun pembayaran yg pertama nomor pelanggan 09026277, tolong y bpk sy pelanggan baru tapi Uda mengecewakan
BalasHapus